Pesona Tampomas: Tempat Wisata Unik di Banjarnegara

0
81
Tampomas Banjarnegara
image:IG\@exploretampomas

Teman-teman udah tahu belum dengan tempat wisata yang satu ini? ya, wisata ini dinamakan dengan Tampomas. Tempat wisata yang berlokasi di desa Gentansari, kecamatan Pagedongan, kabupaten Banjarnegara ini memiliki segudang sejarah yang masih jarang orang ketahui.

Sekelumit Sejarah Tampomas

Terbentuknya Tampomas dimulai pada tahun 1980-an dimana telah dicanangkan program pembangunan waduk Jenderal Sudirman atau lebih dikenal dengan waduk mrica.

Untuk membangun sebuah bendungan/ waduk pastinya diperlukan material bebatuan yang sangat banyak, sehingga pada saat itu pemerintah kabupaten memutuskan untuk meledakkan gunung Tampomas yang kaya akan material bebatuan. Peledakkan dan pengambilan batuan berjalan selama 5 tahun lamanya. Setelah proyek itu rampung, sisa-sisa penambangan pun menjadi terbengkalai. Kemudian para penduduk lokal pun memanfaatkannya untuk diambil batuan-batuan sisa dan dijadikan mata pencaharian.

Tampomas
Image: tampomas.id

Memang adanya penambangan liar oleh penduduk lokal membuat perekonomian mereka terpenuhi, namun akibat negatifnya keindahan pemandangan alami gunung tersebut hilang dan rusak. Untuk itu penduduk lokal yang tergabung dari Karang Taruna, Pokdarwis dan pemerintah desa bersama-sama berusaha membenahi Tampomas utnuk dijadikan tempat wisata. Akhirnya pada pertengahan tahun 2018 tempat wisata ini pun diresmikan sebagai tempat wisata.

Pesona Wisata Gunung Tampomas

Masa promosi objek wisata ini pun berhasil, karena semakin hari tempat ini cukup banyak diminati pengunjung untuk dikunjungi sebagai destinasi objek wisata yang populer.

Beberapa fasilitas yang didapat jika kalian berkunjung ke tempat ini yakni panggung meriah yang sering digunakan untuk event-event yang diselenggarakan di tempat ini, beragam kuliner untuk mengisi perut yang lapar, fasilitas toilet yang bersih demi kenyamanan para pengunjung, lahan parkir yang cukup luas, tempat untuk beribadah dan gazebo yang tersebar di area wisata untuk tempat beristirahat yang nyaman.

Tampomas
Image: tampomas.id

Untuk kalian yang suka traveling dijamin tidak akan merasa bosan, karena pesona Tampomas benar-benar membuat takjub. Kalian akan disuguhi dengan keindahan bebatuan yang mengelilingi danau buatan bekas penambangan batu itu. Benar-benar spot foto yang diharapkan bagi para fotografer dan tentunya sangat instagramable.

Selain itu kalian juga bisa menikmati danau dengan cara menyewa perahu yang sudah disediakan pengelola tempat wisata. Sepanjang danau kalian bisa melihat keindahan bebatuan dengan sudut pandang yang berbeda dan kalian juga bisa menikmati bunga teratai yang tumbuh di sekeliling danau. Wahana kolam renang dangkal untuk bermain anak pun sudah tersedia di tampomas, jadi untuk kalian yang memang suka berenang ataupun yang membawa anak-anak bisa banget nih dicoba wahana yang satu ini.

Bagi kalian yang suka tantangan, di tempat wisata ini juga menyediakan wahan track offroad menggunakan jeep untuk berkeliling di sekitar tempat wisata. Dijamin deh kalian tidak akan kekurangan spot foto yang bagus. Bahkan kalian juga bisa melihat sunrise atau sunset ditempat ini, benar-benar paket lengkap kan.

Wisata Jeep Tampomas
Image: tampomas.id

Hingga kini, pengelola wisata tampomas masih berupaya untuk membenahi objek wisata ini agar semakin berkembang lebih baik lagi, sehingga bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi. Bukan hanya wisatawan lokal Banjarnegara saja, namun wisatawan dari luar kota. Dengan adanya tempat wisata ini diharapkan dapat menambah perekonomian penduduk sekitar sehingga bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan sampai kalian merusak segala fasilitas yang telah disediakan disini. Jangan lupa juga untuk mempromosikan tempat ini kepada orang lain agar objek wisata ini tambah dikenal lagi.

Happy Holiday

Beri Komentar dan Bagikan!

SHARE

LEAVE A REPLY