Makanan Khas Banjarnegara yang Wajib Dicoba Oleh Milenial

0
301
Buntil

Makanan legend? Ketika kalian mendengar itu pasti dipikiran kalian tidak jauh-jauh dari makanan jadul (jaman dulu), makanan untuk orang tua, makanan kuno dan masih banyak lagi anggapan dari masyarakat terutama untuk milenial.

Rasa makanannya pun tidak kalah enak dari makanan hits yang biasa dikonsumsi para milenial. Namun makanan khas Banjarnegara sudah mulai menunjuka taringnya loh, buktinya dengan banyaknya penjual yang menyediakan menu makanan khas Banjarnegara. Penasarankan, apa aja sih daftar makanannya?

Oke, lets check this out!

1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan
Image:brillicious.brilio.net

Siapa sih yang nggak tau dengan Tempe Mendoan? Ya, menu yang satu ini sudah sangat populer di Banjarnegara. Hampir semua masyarakat pasti bisa membuat Tempe Mendoan. Caranya yang mudah serta rasanya yang jelas keenakannya memberikan daya tarik sendiri bagi para penikmatnya.

Bahan utama untuk membuat menu ini tentu saja tempe, biasanya memakai tempe yang dibungkus oleh daun pisang karena memberikan cita rasa yang khas dan tentunya lebih enak daripada tempe yang dibungkus dengan plastik. Setelah itu digoreng deh dengan tidak lupa dilumuri tepung terigu yang sudah dicairkan serta tambahkan irisan daun bawang untuk menambah cita rasa.

Tempe Mendoan sendiri biasanya dijadikan lauk ketika makan atau hanya untuk pendamping minum teh atau kopi disela-sela cengkrama dengan keluarga, sahabat atau orang terkasih. Untuk menikmati tempe mendoan lebih enak dengan cabai rawit atau dengan sambal kecap.

2. Buntil

Buntil
Image:uzone.id

Menu yang satu ini sering sekali dirindukan oleh masyarakat Banjarnegara yang merantau ke kota lain. Walaupun tetap bisa menikmati menu ini namun rasa yang disajikan tentunya berbeda dengan yang ada di Banjarnegara.

Menu ini dibuat dari daun talas ataupun daun singkong yang berguna sebagai pembungkus isian yang berupa parutan kelapa serta bumbu pedas yang terbuat dari santan melengkapi menu ini. Cita rasa yang digabungkan tersebut benar-benar membuat perut keroncongan bagi siapa saja yang melihatnya, apalagi jika dimakan dengan nasi putih panas.

Tidak perlu khawatir untuk mencari menu ini, karena diberbagai warung makan yang tersebar di Banjarnegara tentunya banyak yang menyediakan menu makanan ini.

3. Mie Ongklok

Mie Ongklok
Image:kabare.id

Sebenarnya menu makanan ini banyak juga dijumpai di daerah Wonosobo karena menu makanan ini memang sangat cocok untuk dinikmati ditengah-tengah cuaca yang dingin. Di Banjarnegara sendiri menu makanan ini cukup populer dan banyak diminati.

Bahan utama untuk membuat menu ini sudah jelas pasti mie, namun yang dipakai tentunya bukan mie biasa namun memakai mie telur. Setelah itu direbus beberapa saat, kemudian dikocok dengan air panas/kuah yang kental kemudian ditambahkan dengan berbagai bumbu untuk menambah cita rasa. Mie Ongklok sangat pas untuk dinikmati dengan sate sapi/kambing/ayam. Dijamin tidak akan menyesal ketika mencoba menu makanan yang satu ini.

4. Carica

Manisan Carica
Image:genpi.co

Tidak lengkap ketika membahas makanan legend di Banjarnegara namun tidak membahas makanan/minuman/manisan yang satu ini. Bahan utamanya adalah pepaya Dieng yang dipercaya hanya bisa tumbuh di Dataran Tinggi Dieng sehingga membuat manisan ini ikonic sebagai oleh-oleh khas Dieng.

Membuatnya sebenarnya mudah karena hampir sama seperti manisan pada umumnya. Manisan ini memiliki cita rasa yang berbeda dan tentunya segar. Cara memperolehnya pun cukup mudah karena di sepanjang perjalanan ketika pergi atau pulang dari Dieng kalian akan melihat toko-toko yang menjual produk ini. Bahkan manisan ini sudah banyak dijual ke luar kota.

5. Combro Kalipalet

Combro Kalipalet
Image:askbol.blogspot.com

Pikiran pertama kalian jika mendengar nama ‘Combro’ pasti tidak jauh-jauh dari keripik combro yang cukup terkenal, namun combro yang satu ini cukup berbeda. Combro ini terbuat dari olahan singkong yang dibuat berbentuk bulat dan diisi dengan isian oncom pedas ataupun isian lainnya tergantung dengan selera masing-masing.

Cemilan ini biasa dinikmati sebagai pendamping dalam minum teh atau kopi di pagi hari ataupun siang hari. Kalau malas membuat sendiri, di sekitaran Banjarnegara sudah banyak yang menjual olahan ini jadi tidak perlu risau untuk mendapatkan dan mencicipi camilan yang satu ini.

6. Soto Krandegan

Soto Krandegan
Image:wisataku.id

Jika mendengar nama soto pastinya sudah biasa kalian dengar dan kalian coba tentu saja. Namun soto yang ada di Banjarnegara ini cukup berbeda dari soto yang ada di Indonesia. Soto ini terdiri dari campuran potongan ketupat, tauge, suwiran ayam, bawang goreng dan disiram dengan kuah santan yang kental.

Dilihat sekilas memang mirip dengan olahan opor yang sama-sama terbuat dari santan, namun ketika kalian mencoba rasa yang timbul berbeda sekali dengan opor ayam. Rasanya lebih light, sedikit segar dan tidak terasa pekat dimulut. Biasanya soto ini dinikmati dipagi hari sebagai menu sarapan, tidak usah khawatir kesusahan mencari makanan ini karena sudah banyak yang menjual makanan ini.

7. Keripik Kentang Dieng

Keripik Kentang Dieng
Image:budparbanjarnegara.com

Dengan kondisi alamnya yang mumpuni untuk ditanami berbagai macam jenis sayuran sehingga membuat masyarakat Dieng memutar otak untuk memanfaatkan yang ada di sekitar mereka dijadikan olahan yang nantinya laku dipasaran. Dan karena sayur kentang sangat melimpah di Dieng akhirnya mereka membuat olahan keripik kentang asli Dieng yang sekarang ini sudha memiliki banyak peminat.

Rasanya yang asin dan sedikit manis tidak kalah dengan keripik kentang yang dijual di berbagai swalayan. Keripik ini biasa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Pas banget untuk dijadikan cemilan sambil menonton film, menemani kalian mengerjakan tugas sekolah/kuliah, menjadi pendamping ketika minum kopi/teh.

8. Berbagai Macam Olahan Salak

Banjarnegara juga terkenal dengan buah salak yang melimpah, namun ada saatnya buah salak yang dijual kepengepul laku dengan harga yang rendah. Dengan adanya itu membuat masyaraknya memutar otak agar olahan salak bisa menghasilkan uang. Akhirnya berbagai macam olahan salak pun dibuat, seperti:

1) Jenang Salak

Jenang Salak
Image:topijelajah.com

Salak yang sering digunakan adalah jenis salak pondoh karena rasanya yang manis sehingga ketika dicampurkan dengan bahan bahan untuk membuat jenang seperti gula merah, santan kelapa menjadi rasa yang padu dan tentu saja enak untuk dinikmati. Pas banget untuk disajikan diacara hajatan atau hanya sekedar dijadikan cemilan dipagi dan sore hari.

2) Keripik Salak

Keripik Salak Banjarnegara
Image:budparbanjarengara.com

Jika kalian tidak terlalu suka keripik yang asin dan lebih suka yang manis-manis, pas banget nih dengan olahan yang satu ini. Buah yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam ini bisa banget loh dijadikan keripik yang rasanya tidak kalah enak dari keripik pada umumnya. Memiliki rasa renyah bercampur rasa manis, asam dan sepet membuat olahan ini memiliki daya tarik untuk dicoba.

3) Manisan Salak

Manisan Salak
Image:brillicious.brilio.com

Jika kalian ingin menimati olahan salak yang segar namun tidak menghilangkan rasa salak, bisa banget nih mencoba olahan yang satu ini. Cara membuatnya hampir sama dengan manisan carica namun manisan salak memiliki rasa yang cukup berbeda dengan manisan carica. Pas banget dinikmati dicuaca yang panas karena selain segar namun manisan ini juga mengenyangkan.

4) Sirup Salak

Sirup Salak
Image:akusleman.wordpress.com

Setelah menikmati olahan salak yang enak untuk dikunyah, olahan yang satu ini benar-benar berbeda dari lainnya. Olahan yang satu ini juga terbilang jarang ditemui karena hanya ada di daerah Banjarnegara tepatnya di toko oleh-oleh. Bagi para pecinta manis harus banget nih mencoba olahan salak yang satu ini.

9. Dawet Ayu Banjarnegara

Dawet Ayu Banjarnegara
Image:inibaru.id

Tidak lengkap rasanya ketika membahas tentang Banjarnegara namun tidak membahas minuman khas ini. Dawet Ayu sudah sangat populer di Banjarnegara bahkan di luar kota pun sudad diakui keenakannya, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Minuman ini terdiri dari campuran olahan ketan yang dibentuk lonjong memanjang, santan kelapa, gula merah dan lebih enak lagi jika ditambah durian. Membayangkannya saja sudah meneguk ludah. Minuman ini sangat cocok diminum ketika panas karena benar-benar menyegarkan tenggorokan dan tentunya sedikit mengenyangkan.

Minuman ini banyak ditemui di sepanjang jalan utaman Banjarnegara, terutama para penjual kaki lima. Jadi tidak perlu bingung kan jika ingin mencoba minuman yang satu ini. Bahkan jika kalian malas untuk mencarinya, kalain bisa membelinya lewat aplikasi gofood. Mudah kan.

Setelah membaca list makanan/minuman khas Banjarnegara ini tentunya membuat kalian ingin mencobanya bukan. Tenang saja karena di Banjarnegara sendiri sudah banyak yang menjual, jadi tidak perlu jauh-jauh bukan untuk mendapatkannya. Namun jika kalian berada di luar kota tentu masih bisa memesannya, karena makanan/minuman tersebut sudah banyak dijual disosial media.

Thank You

Beri Komentar dan Bagikan!

SHARE

LEAVE A REPLY