Patut Dicoba! Beberapa Jenis Kuliner yang Menggoyang Lidah Ada di Banjarnegara Loh

0
9
Buntil Banjarnegara
Image: uzone.id

Setelah berwisata di Banjarnegara tentunya kalian akan merasa lapar dan haus sehingga membutuhkan asupan makanan dan minuman. Nah di Banjarnegara banyak menawarkan makanan dan minuman yang jelas membuat kalian ketagihan. Tidak hanya satu namun ada banyak jenis makanan dan minuman yang tersebar di seluruh daerah Banjarnegara yang bisa membuat kalian tercengang.

Untuk para pecinta makanan, Banjarnegara dapat dikatakan penuh dengan berbagai jenis makanan dan minuman yang akan membuat perut langsung keroncongan setelah melihatnya. Jadi cocok banget buat kalian yang suka coba-coba hunting makanan dan minuman yang belum pernah dicoba.

Lets check this out!

1. Soto Semarang Taman Kota

Bila kalian ingin makan-makanan berkuah namun segar dalam satu rasa cocok banget kalo kalian mencoba soto semarang. Memang ada banyak penjual soto semarang yang ada di Banjarnegara namun soto ini banyak di rekomendasikan oleh orang Banjarnegara karena sudah terbukti keenakaanya.

Soto Semarang Taman Kota
Image: jatengkita.id

Saking enaknya seringkali pengunjung harus menelan ludah karena kehabisan soto ini. Selain menu utama berupa soto, penjual juga menyediakan makanan pendamping berupa sate usus, sate telor puyuh, sate jeroan, tempe goreng dan perkedel kentang. Untuk menambag kesegaran juga disediakan jeruk nipis. Harga satu porsi biasa yakni Rp 6000 sedangkan porsi besar yakni Rp 8000.

2. Mie Ayam Pom Bensin

Makanan yang satu ini berlokasi tepat di trotoar samping kantor pos Banjarnegara dan di samping pom bensin kota. Tempatnya memang tidak luas tapi rasa makanannya tidak diragukan lagi keenakannya tentunya dengan harga yang ramah dikantong.

Mie Ayam Pom Bensin
Image: foursquare.com

Mie ayam ini biasa beroperasi saat menjelang malam, dan bila kalian ingin mencoba datanglah lebih awal karena dapat dipastikan akan ramai dan antre. Selain mie ayam disini juga disediakan bakso yang biasanya akan di mix dengan mie ayam. Makan di tempat ini akan memberikan sensasi yang berbeda, kalian akan melihat dengan jelas suasana malam hari di Banjarnegara sambil melihat kendaraan yang berlalu lalang.

3. Bakso Si Doel

Setelah menu mie ayam tidak lengkap kalau tidak mencoba makanan yang satu ini, tentu saja bakso. Terletak di Semampir, Kec. Banjarnegara tepatnya di deretan pertokoan depan MTS Negeri 1 Banjarnegara ini menjadi salah satu bakso yang paling diminati di Banjarnegara.

Baksi Si Doel
Image: findglocal.com

Perpaduan daging dan tepungnya membuat bakso ini enak untuk dinikmati, apalagi jika sedang lapar-laparnya. Sensai bakso yang lembut dan kuah yang segar menambah kenikmatan dalam menyantap makanan ini. Disini juga disediakan makanan pendamping seperti kerupuk, kacang dan masih banyak lagi tidak lupa disediakan juga minuman segar ataupun panas.

4. Warung Makan Bu Sugeng

Terletak di Jl. Dipayuda No.72, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara dan mulai beroperasi pukul 07.00 sampai pukul 15.00. Warung makan ini menyediakan bermacam-macam lauk pauk, namun warung makan ini memiliki menu makanan yang populer yaitu gudeg.

Warung Makan Bu Sugeng
Image: id.foursquare.com

Warung makan ini termasuk legend karena sudah berdiri cukup lama dan memiliki pelanggan yang cukup banyak. Kebanyakan yang memesan makanan ini menggunakan jasa katering karena memesan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun bila kalian ingin makan ditempat juga tidak mejadi masalah karena tempat makannya pun cukup nyaman untuk menikmati makanan.

5. Dawet Ayu Banjarnegara

Setelah tadi ada begitu banyak pilihan makanan, pastinya setelah makan kalian akan merasa kehausan nah di Banjarnegara ada satu minuman khas yang wajib banget kalian coba yaitu dawet ayu banjarnegara.

Dawet Ayu Banjarnegara
Image: inibaru.id

Di Banjarnegara ada begitu banyak penjual dawet namun kalian tidak perlu khawatir karena rasanya tidak akan begitu beda jauh dan tentunya sama-sama segar untuk penghilang dahaga. Jika kalian ingin membelinya kalian bisa mencoba membeli di gedung kuliner Banjarnegara ataupun dipinggiran sepanjang jalan kabupaten Banjarnegara.

Untuk kalian yang belum pernah mencoba, dawet ayu dibuat dengan campuran tepung ketan seperti gambar yang bewarna hijau, santan dan gula merah. Bahkan dawet ayu pernah dibuat lagu tradisional karena kepopuleran minuman ini.

6. Saung Bu Mansur

Tempat makan yang teletak di Banjarnegara, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara buka pada pukul 09.00 sampai pukul 21.30. Tempat ini juga cukup populer sebagai tempat untuk berbuka puasa pada bulan ramadhan ataupun hanya untuk makan bersama keluarga.

Saung Bu Mansur
Image: cerisfamilly.com

Menu makanan paling populer yakni olahan ayamnya, dari yang digoreng, dicampur bumbu sampai yang dibakar pun memiliki peminat yang cukup banyak. Biasanya langganan dari saung ini memesan makannya melalui jasa katering karena memesan dengan cukup banyak.

7. Geprek 2.4 Tak

Bagi para pelajar disekitaran Banjarnegara pasti tau tempat makan dan menu makan ini. Bertempat di Jl Letjend Suprapto No 134A, Kutabanjarnegara, kec Banjarnegara tepatnya di depan SMAN 1 Banjarnegara.

Geprek 2.4 Tak
Image: findglocal.com

Menu yang paling populer adalah geprek, bahkan ada beberapa varian menu geprek seperti geprek original, geprek keju serut, geprek mozarella hingga mie dan nasi goreng geprek. Tempatnya cukup nyaman untuk makan bersama keluarga ataupun teman-teman. Tetapi hindarilah makan di waktu jam pulang sekolah karena dapat dipastikan akan penuh dan antre cukup panjang.

8. Buntil Banjarnegara

Tidak lengkap bila di Banjarnegara tapi tidak mencoba makanan yang satu ini. Buntil terbuat dari daun singkong dan santan kelapa kaya dengan rasa pedas serta gurih.

Buntil Banjarnegara
Image: uzone.id

Kuliner ini biasa disantap dengan nasi putih hangat, petai dan teri sebagai pelengkap. Buntil banyak dijual di warteg atau warung tegal jadi kalian tidak perlu khawatir karena kebingunan mencari makanan ini.

9. Combro Kalipalet

Ketika kalian mendengar nama combro, pasti dipikiran kalian terbayang keripik dari singkong yang biasa dijual di toko oleh-oleh. Padahal combro yang satu ini harus digoreng dulu ketika ingin menyantapnya, karena lebih enak disajikan selagi hangat.

Combro Kalipalet
Image: askbol.blogspot.com

Kuliner ini terbuat dari singkong dengan dibuat bulat-bulat dengan isian berupa cabai yang dihaluskan. Tekstur kuliner ini renyah di luar dan lembut di dalam, pas banget untuk cemilan sore-sore sambil menonton tv ditemanin segelas teh. Citarasa manis dan pedasnya sangat cocok dipadukan. Kalian bisa membeli combro ini di pinggir-pinggir jalan yaitu pada penjual gorengan.

10. Sate Ayam dan Kambing Pak Waji

Siapa sih yang nggak tau kuliner sate, hampir satu Indonesia pasti mengenal kuliner yang satu ini. Di Banjarnegara sendiri ada banyak penjual sate, namun sate yang satu ini sudah tidak diragukan lagi keenakannya karena sudah berdiri kurang lebih 30 tahun. Berlokasi di Krandegan, Kec. Banjarnegara dan beroperasi pada mulai pukul 08.00 sampai pukul 22.00.

Sate Pak Waji
Image: berita.baca.co.id

Seperti pada gambar, kuliner ini disajikan dengan bumbu berupa kecap manis, bawang merah, cabai dan irisan sayuran. Saat digigit dagingnya lembut dan tidak kering. Jadi untuk pecinta makanan yang dibakar, sate ini sangat cocok untuk dicoba.

Nah ada banyak kan kuliner yang dapat dicoba dan diicip-icip. Tidak ada salahnya mencoba wisata kuliner, karena dijamin tidak akan menyesal deh. Kalian juga dapat membawa sanak saudara untuk ikut mencicipi berbagai menu kuliner yang ada di Banjarnegara. Dan yang pasti jangan lupa share supaya orang lain jadi tahu kalo di Banjarnegara ada banyak loh kuliner yang menarik untuk dicoba.

Thank You

Beri Komentar dan Bagikan!

SHARE

LEAVE A REPLY