Ada loh, Kontes Burung Kicau Rutin di Desa Danakerta

0
878

Pon Bird Community (PBC) menggelar Lomba dan Kontes Burung di Kompleks Pasar Pon Desa Danakerta, Kec Punggelan. Lomba dan Kontes ini di selenggarakan secara rutin setiap Pekannya.

“Kegiatan ini diselenggarakan setiap hari selasa dan sabtu” ujar Erik salah satu pengurus PBC

Lomba dan Kontes Kicau burung yang pertama kali diselenggarakan awal tahun 2018 ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta burung Banjarnegara, bahkan di luar Banjarnegara.

“peserta dari berbagai macam daerah, tidak hanya Banjarnegara. Banyak peserta yang dari Purbalingga, Wonosobo, dan Jogja juga ada. Bahkan sempat datang peserta yang dari Bandung Jawa Barat. “ Terang Erik.

Awal Mula PBC Terbentuk.

PBC merupakan komunitas pecinta burung yang anggotanya berasal dari daerah sekitar Pasar Pon Danakerta. “awalnya kami berkumpul dalam wadah bernama Kicau Mania Punggelan (KMP), disana kami saling bersilaturahim, dan bertukar informasi karena kami punya kesamaan, hobi memelihara burung” Ungkapnya.

PBC terbentuk di akhir tahun 2017. “Dari KMP anggota yang berasal dari Desa Danakerta punya inisiatif untuk membuat komunitas sendiri dengan nama Danakerta Bird Community (DBC) yang akhirnya berubah nama menjadi PBC” jelas Erik.

Saat ini PBC sudah memiliki puluhan anggota yang tidak hanya dari daerah sekitar Pasar Pon Danakerta, Bahkan ada yang berasal dari kabupaten Purbalingga. “Pengurus PBC kami ada 18 orang, kalau anggota kami mencapai 60 orang” Tambah Erik.

Fasilitasi Minat Masyarakat

Setiap pekannya di hari selasa dan sabtu PBC Selalu mengadakan lomba dan kontes burung sekaligus sebagai tempat saling bertemu dan silaturahim. “awalnya kami kumpul hanya untuk sharing dan bertukar informasi, baru di awal tahun 2018 kita mengadakan kontes kicau” Kata Erik.

Kompetisi ini pun dijadikan ajang latihan para pecinta burung sebelum nanti mengikuti event yang lebih besar. Tujuan dari kontes ini adalah untuk memfasilitasi minat masyarakat dan memberikan mereka pengalaman bagi para Peserta. Sehingga diharapkan mereka punya pengalaman lebih ketika mengikuti kontes yang lebih besar. Sebagai contoh, di Banjarnegara juga ada banyak ajang kontes burung yang diadakan seperti Bupati Cup, dan Piala Dawet Ayu.

Edi, salah satu peserta pun merasa senang karena punya wadah untuk menyalurkan hobinya “kami merasa senang bisa berkumpul dengan sesama pecinta burung, deket juga mas dari rumah” katanya.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Adanya Lomba dan Kontes burung yang diadakan setiap pekan oleh PBC memberikan berkah sendiri bagi banyak orang. Seperti salah satu juri yang merasa terbantu dengan adanya kompetisi ini.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan tambahan penghasilan dengan menjadi juri disini” Ujarnya

Bagi peserta selain mendapatkan uang hadiah ketika menjuarai kontes, harga jual burung mereka yang menjuarai kontes pun akan meningkat cukup tinggi.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi mereka para pecinta burung. Manfaat adanya kontes burung ini pun di rasakan oleh lingkungan sekitar.

Berkumpulnya Puluhan orang saat kontes berlangsung menjadi berkah sendiri bagi para pedagang. “Alhamdulillah mas ada tambahan pemasukan” ujar salah satu pedagang minuman yang berjualan.

Meskipun tidak menyebutkan berapa kenaikan pendapatanya para pedagang mengaku senang dengan adanya kontes burung tersebut disetiap pekannya. “Ya semoga kontes burung ini ada terus, biar disini rame” ujarnya

Beri Komentar dan Bagikan!

SHARE

Leave a Reply