Keramik Klampok, Cinderamata Khas Banjarnegara

0
33

Kerajinan Keramik Klampok memang sudah melekat menjadi cinderamata khas Banjarnegara. Nama keramik klampok tentu sudah sangat familier di telinga para pecinta dan kolektor keramik. Bercirikan corak warna yang cenderung gelap, dengan teknik ukiran ‘terawang’ khas Klampok.

Sentra kerajinan keramik klampok ini berada di bagian barat Banjarnegara, Desa Klampok, Kec Purworejo Klampok, Banjarnegara. Kalau dari arah kota Banjarnegara sekitar 30km berbatasan langsung dengan Purbalingga.

Salah satu sentra keramik klampok kalau di mbah gugel maps lokasinya ini nih:

Intip Sedikit Sejarah Awal Mula Kerajinan Keramik Klampok Yuk!

Kandar Atmomiharjo (Soerang Guru), Pada tahun 1935 mendapat kesempatan dari Pemerintah Belanda untuk belajar ilmu keramik selama setahun di Keramische Laboratorium di Bandung. Sepulangnya beliau dari Bandung kemudian diberi tugas untuk memimpin perusahaan keramik milik pemerintah Belanda di Klampok selama 5 tahun.

Di tahun 1957, Kandar Atmomiharjo mendirikan industri keramik yang diberi nama Meandallai. Industri ini berhasil menyerap cukup banyak tenaga kerja dan berhasil memicu industri serupa tumbuh di Klampok. Dari sinilah kerajinan keramik klampok mulai tumbuh. Keramik Klampok mencapai puncak kejayaan di tahun 1980-1990an.

Tentu tidak selalu berjaya, namanya juga usaha pasti ada saja gulung tikarnya. Tapi hebatnya industri keramik klampok tetap bertahan sampai saat ini.

Serba Serbi Keramik Klampok

Soal kualitas, tak perlu diragukan lagi. Kerajinan keramik klampok memiliki keunggulan pada ketahanan keramik yang tidak mudah retak atau pecah. Keramik klampok terbuat dari tanah liat yang disaring, diendapkan, dan dipadatkan. Buktinya keramik klampok berani loh dikirim ke luar kota bahkan ke luar negeri dan aman aman saja tuh.

Packing kirim poci keramik klampok Banjarnegara Poci keramik klampok banjarnegara Pewarnaan keramik klampok banjarnegara Poci Keramik Klampok Banjarnegara

Produksi poci tetap menjadi primadona, produk ini yang paling banyak dibuat karena permintaan. Tentu tidak hanya fokus pada poci saja, banyak produk keramik lainnya juga yang dijamin bagus, seperti guci, hiasan patung, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Ngomongin harga? Kalau dari sisi harga, sudah pasti sangat kompetitif. Satu set poci dengan 2 cangkir dihargai 20ribuan, gantungan kunci mulai dari 10ribu. Kalau nyari keramik yang lebih mahal disini tentu banyak juga, tapi tetep kualitas tidak diragukan ter-Kece.

Beri Komentar dan Bagikan!

SHARE

Leave a Reply