Arti Logo Banjarnegara, Kamu Harus Tau Ini!

0
54
Logo Banjarnegara
logo banjarnegara png

Kalian masyarakat Banjarnegara tapi belum tahu makna lambang/ Logo Banjarnegara bahkan bentuk lambangnya? Wah kalian wajib banget nih mengedukasi diri sendiri untuk tahu bentuk dan makna lambang daerahnya.

Jangan sampai kita ditanya oleh orang daerah lain tentang lambang daerah namun kalian malah menggelengkan kepala tidak tahu menahu. Malu banget kan.

Nah disini akan dijelaskan sedikit tentang lambang daerah kabupaten kita tercinta Banjarnegara. Jadi perhatikan dan pahami dengan baik ya agar kalian jadi tahu dan nggak terlihat bodok jika disuruh menjelaskan.

Lets check this out!

1. Sejarah Singkat

Bermula pada tanggal 11 Agustus 1967 lambang daerah Banjarnegara disahkan oleh DPRDGR (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gotong Royong). Dibuat oleh panitia khusus dari DPRDGR dengan mempertimbangkan gambar hasil sayembara dari pemenang kedua dan pemenang harapan.

Panitia tersebut terdiri dari R. Soenardi (Ketua merangkap anggota), Moh. Kosim (Wakil ketua merangkap anggota), Soetarno (anggota), Soedijono Tjokrosapoetra (anggota), dan Marchaban Mangunhardjo (anggota) dan dibentuk berdasarkan Surat Keputusan DPRDGR Banjarnegara No. 145/17/DPRDGR-66 tertanggal 9 Desember 1966. Hingga akhirnya disahkan dengan resmi oleh Bupati Banjarnegara ke 7 yakni M.Soedjirno pada tanggal 17 Agustus 1967.

2. Makna Lambang / Logo Banjarnegara

Lambang daerah Banjarnegara memiliki arti pencerminan dari segi-segi politik atau ideal keadaan derah kabupaten Banjarnegara serta ciri kepribadian dan hasrat cita-cita rakyatnya, dan oleh karenaya wajib diperlakukan secara terhormat oleh setiap warga Banjarnegara.

Dan memiliki makna penting dari bentuk lambang sebagai berikut:

Logo Banjarnegara
logo banjarnegara png
  1. Bentuk pokok dari lambang  daerah kabupaten Banjarnegara merupakan sebuah perisai berwarna hijau dengan pelisir berwarna kuning emas.
  2. Pada perisai tersebut terlukis 12 macam benda alam atau bangunan yang tata letaknya tersusun secara artistik terdiri dari:
    1. Sebuah segi lima yang berdiri tegak, melambangkan watak kepribadian serta jiwa persatuan dan kesatuan rakyat Banjarnegara yang berlandaskan Pancasila.
    2. Setangkai padi berisi 17 butir berwarna kuning emas disebelah kanan segi lima.
    3. Serangkai 8 buah kapas yang terbuka penuh berwarna putih disebelah kiri segi lima. Padi dan Kapas; mengkiaskan hari depan gemilang bagi rakyat Banjarnegara, menuju masyarakat adil dan makmur yang diridhoi oleh Alloh SWT.
    4. Sebuah bintang sudut lima berwarna kuning emas. Bintang melambangkan kepercayaan beragama yang kuat.
    5. Sebatang Pohon Beringin daunnya berwarna hijau serta berakar gantung sebanyak 8 buah, batangnya dengan 5 buah akar berwarna coklat muda. Melambangkan tradisi yang baik dari Pemerintah rakyat Banjarengara.
    6. Sebuah keris tak berukel, berwarna hitam. Keris melambangkan jiwa kepahlawanan dan kesatiaan rakyat Banjarnegara.
    7. Shypon (suling saluran air), petak-petakan tanah (tanah persawahan yang bertingkat-tingkat) berwarna hitam dengan 6 buah cincin yang membagi suling saluran air ini atas 7 buah bagian atau ruas. Melambangkan daya cipta yang besar dengan nilai-nilai kebudayaan khas dari rakyat Banjarnegara.
    8. Sederetan pegunungan berwarna biru muda.
    9. Sederetan daerah hutan berwarna hijau. Pegunungan dengan hutan-hutannya, melambangkan keadaan alam daerah Banjarnegara dengan bermacam-macam kekayaannya sebagai sumber kehidupan rakyat.
    10. Air sungai dengan 3 jalur gelombang, melambangkan sungai serayu yang mengalir di sepanjang daerah Kabupaten Banjarnegara dengan 3 macam penggunaan airnya, yaitu untuk pertanian, perikanan dan industri.
    11. Bidang tanah, untuk tempat berdirinya pohon beringin yang berwarna hijau melambangkan kesuburan tanah pada umumna di daerah Banjarnegara. Bidang-bidang berwarna merah dan putih didalam segi lima menandakan daerah kabupaten Banjarnegara sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    12. Sehelai selendang dibawah segi lima berwarna kuning emas, diatas dimana tercantum nama “BANJARNEGARA” dengan tulisan hitam.

Selain itu Banjarnegara memiliki sesanti (semboyan) yang berbunyi Wani Memetri Rahayuning Praja. Maknanya; Segenap Warga Daerah Banjarnegara bertekad bulat melestarikan kemakmuran menuju kebahagiaan lahir batin bagi rakyat dan pemerintahannya.

Sekarang jadi tahu dan paham kan? Jadi jangan tutup mata dengan adanya sejarah terutama sejarah Indonesia ataupun daerah sendiri yakni Banjarnegara. Walaupun hanya sebuah lambang/logo namun sudah menjadi bagian dari sejarah yang patut dipahami dan dilestarikan agar generasi mendatang dapat mengetahui dan menghormati sejarah.

3. Download Logo Banjarnegara Vector CDR

Dalam membuat sebuah dokumen maupun desain yang mencantumkan logo Kabupaten Banjarnegara tentu akan lebih bagus jika menggunakan ukuran image yang disesuaikan. Sehingga hasil cetaknya tidak pecah.

Untuk itulah pada umumnya seorang desainer membutuhkan master logo Banjarnegara dalam vormat vector CDR (Coreldraw) supaya resolusinya bisa disesuaikan.

Nah, jika kamu sedang membutuhkan logo banjarnegara vector untuk melengkapi sebuah desain. Berikut ini sudah kami sediakan.

Thank You

Beri Komentar dan Bagikan!

SHARE

LEAVE A REPLY