Sketsa Pecinta Alam Memupuk Karakter Sadar Lingkungan

1
813

Mendaki gunung bukanlah sebuah ukuran seorang pecinta alam. Yes, mindset yang kurang tepat jika mengartikan bahwa pecinta alam adalah harus seorang pendaki gunung. Karena sejatinya pecinta alam adalah siapa saja dari kita yang peduli untuk menjaga dan merawat lingkungan di sekitar kita.

Foto: Apel Latihan Bersama Kelompok Pecinta Alam (dokumen pribadi)
Foto: Apel Latihan Bersama Kelompok Pecinta Alam (dokumen pribadi)

FYI Gaes, tanggal 25-26 Februari kemaren ada kegiatan latihan bersama pecinta alam dan penebaran benih ikan di aliran sungai Curug Pletuk yang diinisiasi oleh Pecinta Alam SKETSA SMK Panca Bhakti. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 50 siswa anggota Kelompok Pecinta Alam (KPA) dari beberapa sekolah menengah atas di Banjarnegara. Ada SKETSA SMK Panca Bhakti, Pencinta Alam SMKN 1 Bawang (PALASE), Siswa Pencinta Alam SMKN 2 Bawang (SIPAKAWA), KAJAPALA SMA HKTI Purwareja Klampok, dan Ikatan Pelajar Pecinta Alam (IPPA) MAN 1 Banjarnegara.

Menurut ketua panitia (Erik), kegiatan ini dilakukan untuk memupuk karakter seorang pecinta alam dan melatih kemampuan setiap anggota agar siap tanggap menjadi relawan apabila terjadi bencana alam di Banjarnegara. Disamping itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi arena untuk lebih mempererat hubungan yang baik antar anggota KPA sekolah menengah atas di Banjarnegara.

Foto: simbolis penyerahan bibit ikan kepada pengurus Curug Pletuk sebagai perwakilan warga (dokumen pribadi)
Foto: Simbolis penyerahan bibit ikan oleh ketua panitia kepada pengurus Curug Pletuk (Mas Ipung) sebagai perwakilan warga pesangkalan (dokumen pribadi)
Foto: Pelepasan bibit ikan di aliran sungai Curug Pletuk (dokumen pribadi)
Foto: Tebar bibit ikan di aliran sungai Curug Pletuk (dokumen pribadi)
Foto: Latihan Gabungan Kelompok Pecinta Alam (dokumen pribadi)
Foto: Latihan konsentrasi dan kekompakan, Mas Adimas Eka selaku alumni SKETSA menjadi Insturktur latihan (dokumen pribadi)
Foto: Latihan Gabungan Kelompok Pecinta Alam (dokumen pribadi)
Foto: Latihan teamwork, menyebrangi sungai dengan mata tertutup membawa seorang korban luka (dokumen pribadi)

Patut diapresiasi, Sebuah kegiatan positif untuk menguatkan jiwa kepedulian yang tinggi dalam mencintai alam.

Kalian gimana gaes? Gak harus ngikut acara seperti ini, mulai dari hal yang terkecil di sekeliling kita juga udah sangat bagus. Tuh, area 10 meter di sekitar kalian masih ada sampah gak? Dengan memastikan lingkungan kita bersih dari sampah saja kalian udah menjadi pecinta alam kok.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6

Beri Komentar dan Bagikan!