Kupat Tahu Banjarnegara, Siapa Yang Mau Mencoba?

0
511
Foto: Satu porsi kupat tahu Pak Mun (dokumen pribadi)

Kupat tahu. Di Indonesia khususunya di Jawa Tengah dan sekitarnya mungkin banyak kita jumpai warung yang menjual makanan ini. Dari warung di lingkungan komplek perumahan sampai warung di lingkungan perkotaan. Tentunya dengan resep khas masing-masing daerah.

Saya sendiri juga pernah mencicipi kupat tahu di beberapa daerah. Di Solo, kupat tahu dengan campuran mie basah, bakwan, dan kacang goreng utuhnya. Di Jogja, kupat tahu dengan tahu bacem dan tempe bacemnya. Di Magelang, kupat tahu dengan nama tersohornya. Dari ketiga kupat tahu itu rasanya uenak semua.

Di Banjarnegara, juga punya kupat tahu khasnya. Kupat tahu yang tidak banyak campuran seperti kupat tahu Solo. Tahunya digoreng dan tidak dibacem seperti kupat tahu Jogja. Yaitu kupat tahu milik Pak Muntako atau biasa orang menyebutnya Kupat Tahu Pak Mun Alun-alun. Pak Mun sudah berjualan lama di alun-alun. Sewaktu saya masih duduk dibangku sekolah menengah pertama –sekitar tahun 2007– beliau sudah berjualan di alun-alun.

Satu porsi kupat tahu Pak Mun ini jelas yang harus ada adalah kupat dan tahu yang diiris dadu. Kemudian dicampur dengan sambal racikan Pak Mun. Sambalnya begitu gurih, manis dan kental. Ada rasa kacang-kacangnya gitu. Pokoke sambele uenak Jon! Tahu yang digunkan untuk olahan ini bukan tahu bulat yang digoreng dadakan hloh ya! Hueheee… Melainkan tahu kotak yang digoreng dadakan di atas wajan.

Diatas potongan kupat dan tahu yang dicampur sambal dipadu dengan tauge dan kubis yang diiris tipis. Lalu ditaburi bawang goreng dan irisan seledri. Tak lupa ada kerupuk warna-warni sebagai pendamping makan. Untuk rasa pedasnya kita bisa minta sesuai selera.

“Sehari kalau ramai saya bisa meracik sampai 150 porsi kupat tahu. Kalau hari minggu pas sunmor atau libur nasional saya bisa meracik kupat tahu sampai 300 porsi”, ujar Pak Mun, ketika ditanya berapa porsi kupat tahu yang Pak Mun racik dalam sehari.

Harga satu porsi kupat tahu Pak Mun sebesar Rp. 11.000,-. Harganya cukup terjangkau untuk makanan yang mengenyangkan.

Untuk minum teman makan kupat tahu, Pak Mun menyediakan teh, jeruk dan air bening. Varian minumanya ya seperti kebanyakan warung lainnya ada es, anget atau panas. Kalau saya si lebih idem pesan minuman yang anget-anget untuk menemani makan kupat tahu Pak Mun. Harga minumannya pun merakyat kok. Tenang saja.

gerobak kupat tahu
Foto: Gerobak kupat tahu Pak Mun (dokumen pribadi)

Pak Mun biasanya stay di Alun-alun Banjarnegara sebelah barat. Di bawah pohon bringin yang letaknya agak keutara. Depan kantor Muhamdiyah, Tepatnya di Jl. Ahmad Dahlan, Banjarnegara. Gerobaknya biasa parkir di antara penjual batagor dengan penjual rokok dan minuman botol. Tenang, tidak susah mencarinya kok. Cari saja gerobak warna abu-abu. Bertuliskan KUPAT TAHU. Berwarna merah.

Kupat tahu Pak Mun juga biasa menerima pesanan. Biasanya beliau melayani pesanan untuk pengajian, rapat sekolah atau untuk rapat di kantor pemerintahan. Kalau mau pesan bisa hubungi 0896-8531-9581.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
51

Beri Komentar dan Bagikan!

Leave a Reply