Suran Desa Depok, Nyawiji Tumujuning Pepadang

2
459

Bulan suro, bulan yang begitu lekat dengan orang jawa. Bagi orang jawa bulan suro ini adalah bulan yang sangat sakral, bulan yang dikeramatkan, sehingga di Jawa (khususnya) akan ada banyak acara ritual sakral bertujuan untuk tolak bala, menghindari kesialan, menghindari bencana dan musibah, dsb.

Sementara kalau dilihat dari segi agama, bulan Suro atau Bulan Muharram justru menjadi bulan yang istimewa bagi umat islam. Karena keistimewaan bulan pertama dalam setahun ini, larangan melakukan perbuatan haram sangat lebih ditekankan lagi daripada bulan yang lainnya.

Terlepas dari pandangan pandangan tersebut, di hari Sabtu tanggal 30 September 2017 bakal ada acara yang menarik demi melestarikan kebudayaan jawa, nguri uri kabudayan jawi di Desa Depok, Bawang, Banjarnegara. SURAN, diserap dari kata Suroan, masyarakat Depok biasa menyebutnya begitu.

Tuh, sudah ada woro woro dari akun resmi media sosial IG: @suran.2017;

SURAN, sebuah sajian festival yang menjunjung nilai kearifan lokal dan budaya masyarakat desa Depok. Berbagai macam rangkaian akan kami sajikan untuk para pengunjung, baik dalam maupun luar Banjarnegara. .
.
Masih dalam Rangkaian peringatan tahun baru Islam 1939 Hijriah, kali ini masyarakat desa Depok mencoba mengusung tema NYAWIJI TUMUJUNING PEPADANG. Dengan besutan tema tersebut yang secara bahasa bersama - sama menuju titik kemenangan, masyarakat Desa Depok, Bawang, Banjarnegara berharap agar tetap dapat menguatkan tradisi dan warisan leluhur pada era saat ini, tanpa mengesampingkan ajaran ajaran Islam.
.
Dengan segala hormat dan kerendahan hati, warga Depok, Bawang, Banjarnegara mohon doa restu agar acara @suran.2017 kali ini dapat dikemas untuk memaksimalkan potensi wilayah dan menguatkan pondasi pondasi budaya warisan para leluhur.
.
Media partner ;
@eventbna
@tentangbanjarnegara
@lovebanjarnegara
@explorebanjarnegara
@instameetbanjarnegara
@bloggerserayu
@infoseputarbanjarnegara
@sekitarbanjarnegara
@banjarnegarazone
@kpfbbanjarnegara
.
#banjarnegara #suran2017 #desadepok #depok #suran #jagalwedus #olaholahpawon #gebas #sholawat #ujungan #enggreng #boyongbucu #grujugbucu #kepungan #festivalmuharram #mayodolanbanjarnegara #pesonaindonesia #jatenggayeng #visitjateng

Akan disajikan ragam acara yang menarik dalam perhelatan Suran 2017, Apa saja?

Jagal Wedus, Olah-olah Pawon, Sholawat Jawa, Gebas, Ujungan, Enggreng, Boyong Bucu, Kepungan, Festival Muharram

Lalu apa respon kamu?, Penasaran ya? 😀
Sebagai orang Jawa Banjarnegara, ya mari kita apresiasi bersama kegiatan nguri uri kabudayan Banjarnegara ini. datang dan ramaikan yuk!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21

Beri Komentar dan Bagikan!

2 COMMENTS

Leave a Reply