Mendoan, Makanan Yang Tak Lekang Oleh Jaman

0
746
Foto: Tempe mendoan Banjarnegara dan kopi panas (dokumen pribadi)

Halo para pecinta kudapan Banyumasan. Kali ini saya akan sedikit mengulas secara ringan salah satu kudapan andalan yang ada di Banjarnegara yess! Mendoan. Walaupun secara hak paten dan lain sebagainya mendoan bukan seutuhnya kuliner asli Kabupaten Banjarnegara, akan tetapi mendoan merupakan salah satu makanan yang cukup digemari oleh semua kalangan di kota ini.

Mendoan merupakan salah satu kudapan yang berbahan dasar kedelai. Kedelai kemudian diproses menjadi tempe. Dari sinilah perjalanan proses mendoan dimulai. Mulai dari  adonan tepung terigu yang di campur dengan bumbu nan ciamik. Kemudian dibubuhi irisan daun bawang yang akan menambah rasa gurih dari si mendoan. Lalu di goreng dalam minyak yang panas.

Dalam bentuk penyajian, para penikmat dapat menikmati mendoan dengan dua pilihan. Yang pertama, tempe mendoan digoreng setengah matang. Yang kedua, digoreng sampai kering. Untuk hal ini kembali lagi pada selera penikmat. Mau yang setengah matang atau mau yang di goreng kering atau istilahnya digoreng garing.

Di Kabupaten Banjarnegara sendiri, tidaklah sulit menjumpai para penjual tempe mendoan. Mulai dari penjual yang ada di pasar, warung kopi pinggir jalan, kedai atau kafe hingga mendoan yang dijual di restoran atau rumah makan. Harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp. 500,-  per mednoan yang ada di warung pinggir jalan. Hingga Rp. 15.000,-  per satu porsi yang ada di rumah makan atau kafe kekinian.

Untuk menemani gurihnya tempe mendoan. Kita bisa memaknnya dengan lontong yang disiram dengan sambal kacang. Selain itu, tempe mendoan juga bisa dinikmati dengan cabai rawit. Yang pasti sensasinya tak kalah nikmat dengan mendoan disiram dengan sambal kacang. Untuk hidangan pendamping saat menikmati tempe mendoan, kita biasa ditemani dengan segelas teh hangat atau kopi panas. Bisa juga di temenai dengan minuman-minuman es. Itu semua tergantung selera.

Nah… bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menikmati tempe mendoan khas Banjarnegara? Apabila teman-teman sedang bertandang ke Banjarnagara, jangan lupa untuk mencicipi tempe mendoan khas Banjarnegara yess

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Beri Komentar dan Bagikan!

Leave a Reply