Manggleng Bajuri, Produk Lokal Banjarnegara Olahan Singkong

2
400
Foto: Kuliner Lokal Manggleng Bajuri (Dokumen Pribadi)

hai hai haii.. Apakabar pembaca setia? Sudah siapkah untuk menikmati hari ini bersama orang tersayang kalian?

Gini lho gini.. sebelum lanjut ke point utama, ijinkan saya sebagai penulis berkeluh kesah pada fenomena yang terjadi saat ini. #ceileee.. Sebenernya hal klasik dan sederhana si, mengenai potensi pertanian yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Dengan luasan kabupaten Banjarnegara yang didominasi oleh lahan pertanian dan perkebunan, menjadikan potensi pertanian dan perkebunan tak bisa dipandang sebelah mata.

Terlebih dari itu semua, sektor pertanian yang diolah menjadi hasil pangan dalam bentuk makanan pokok ataupun kudapan ringan di Kabupaten Banjarnegara sudah sangat layak untuk diapresiasi. Seperti halnya salak, carica, kopi, durian, pisang, singkong, dan masih banyak bahan baku lainnya yang diolah oleh produsen dari Banjarnegara.

Dari sekian banyak potensi bahan baku, singkong merupakan salah satu bahan baku yang sangat kecil nilai harga jualnya. Akan tetapi tidak demikian dimata Imam Faizal, seorang pemuda berumur 23 tahun lulusan prodi keperawatan di salah perguruan tinggi swasta di Kabupatan Cilacap. Bersama keluarganya, Ia mengolah singkong menjadi produk makanan lokal bernama MANGGLENG BAJURI.

Kerenyahan dan rasa gurih yang kuat dari bumbu khas dapur rumahan, menjadi ciri khas manggleng bajuri. Dibandrol dengan harga 5000 rupiah untuk kemasan 125 gram dirasa sangat terbayarkan. Selain itu, bahan baku yang digunakan untuk produk manggeleng bajuri berasal dari singkong kuning yang sengaja ditanam di kebun belakang rumahnya. Sehingga kualitas bahan bakunya-pun benar-benar terjaga kualitasnya. Mulai dari ke-heiginisannya hingga tanpa adanya pupuk kimia, selain sehat juga dapat turut melestarikan kudapan lokal khas Banjarnegara.

So.. gimana..? kalian tertarik untuk mencicipi manggeleng bajuri, kudapan lokal yang siap melejit di pasar nasional? tunggu apalagi guys.. langsung sikat aja di beberapa reselernya manggleng bajuri, biasanya sih doi suka nongol di beberapa pameran lokal, dan beberapa kedai kopi Banjarnegara yang dijadikan sebagai reseler.

yuk, bareng bareng suport potensi lokal untuk segera melangkah ke pasar nasional, dan terus bantu untuk naik di pasar international.

nih, yang mau order langsung kontak Manggleng Bajuri di nomor WA: +62 813-9484-6575

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Beri Komentar dan Bagikan!

2 COMMENTS

Leave a Reply