Kopi Arabika Ratamba Banjarnegara

3
864

Kopi arabika ratamba merupakan kopi single origin dari kabupaten Banjarnegara yang mulai populer oleh pegiat kopi nusantara setelah masuk peringkat 20 besar Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke-7, tahun 2015 lalu di Banyuwangi, Jawa timur.

Kopi single origin arabika dari Desa Ratamba, Kecamatan Pejawaran ini terletak pada ketinggian lebih kurang 1250 Mdpl. Desa Ratamba berada di Banjarnegara bagian utara, berdekatan dengan wilayah Dataran Tinggi Dieng. Memakan waktu 1 jam jika ditempuh dari Kota Banjarnegara lewat jalur Karangkobar.

Foto: Pak Harjono saat memanen kopi Ratamba
Foto: Pak Harjono saat memanen kopi Ratamba

Pak Harjono adalah salah satu petani kopi di Desa Ratamba yang masuk dalam Kelompok Tani Kopi Sido Mulyo. Beliaulah petani yang paling gigih dalam bertani kopi, hal tersebut dilakukannya guna turut melestarikan potensi kopi arabika yang ada di Banjarnegara. Sementara di sisi lain, mayoritas masyarakat Desa Ratamba masih banyak yang menanam kentang. Sehingga sudah sangat layak jika label Bapak kopi arabika ratamba dilekatkan padanya.

Foto: Proses pasca panen kopi Ratamba Banjarnegara
Foto: Proses pasca panen kopi Ratamba Banjarnegara

Proses Pasca Panen Kopi Arabika Ratamba

Proses pasca panen yang biasanya dilakukan oleh petani ratamba adalah semi washed (petik, kupas, fermentasi, cuci lalu keringkan). Dan proses Natural (petik, rendam lalu keringkan) seperti yang sudah dilakukan oleh sebagian besar petani kopi Indonesia sejak jaman dulu.

Cita Rasa Kopi Arabikca Ratamba

Kopi arabika ratamba memiliki cita rasa yang berkarakter asam fruity. Ditanam dengan pola tumpang sari bersama pohon Jeruk. Iinilah yang menyebabkan cita rasa kopi ratamba menjadi asam fruity, karena memang pohon kopi mudah menyerap unsur hara dari lingkungan di dekatnya yang dipengaruhi juga oleh tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
64

Beri Komentar dan Bagikan!

3 COMMENTS

Leave a Reply