Ide Kreatif Ngoprek Kayu Jati Belanda Bekas Peti Kemas

Kayu oak lebih dikenal dengan sebutan kayu jati belanda, kayu ini memiliki guratan yang indah sehingga banyak digunakan untuk disulap menjadi sebuah karya yang bernilai jual tinggi.

0
1566

Bermula dari kegemarannya mendesain kemudian melihat potensi dari limbah kayu peti kemas, Bondan Mardanni menuangkan ide kreatifnya menyulap kayu peti kemas menjadi sebuah hasta karya yang bernilai jual tinggi. Setelah merampungkan kuliahnya di bidang Designer Komunikasi Visual (DKV) di Akademi Seni Rupa dan Desain Modern School of Design Yogyakarta, dia memutuskan pulang ke Banjarnegara untuk memulai menekuni usahanya tersebut.

Tak sembarang kayu peti kemas loh ya, hanya peti kemas dari kayu oak atau yang lebih dikenal kayu jati belanda yang dia gunakan sebagai objek untuk menyalurkan ide kreatifnya. Disamping karena kekuatan kayunya yang tidak rentan terhadap serangan rayap tapi juga karena motif guratan kayu jati belanda yang indah dan artistik banget.

Interior ruang santai rumah Bondan Mardanni
Foto: Interior ruang bersantai rumah Bondan Mardanni (dokumen pribadi)

Dari kayu ini juga biasa digunakannya untuk klien yang ingin menyulap interior sebuah ruangan, kamar, kafe, distro dll. Pernak-pernik cantik juga sudah menjadi gawean yang dia bikin sesuai dengan pesanan. Hebatnya, meskipun pemasaran baru di media sosial saja tapi hasil karyanya sudah terbang nasional loh, kayak Purwokerto, Jakarta, Semarang, Bandung, Bengkulu, bahkan pernah sampai ke negara tetangga Malaysia.

Foto: Custom jam duduk dan meja dari olahan kayu jati belanda (@joyowood)
Foto: Custom jam duduk dan meja olahan kayu jati belanda (IG:@joyowood)

Dari usahanya yang mulai dirintis tiga tahun lalu ini sekarang telah mengantongi omset bisa mencapai puluhan jeti perbulan, lumayan banget kan untuk kelas pemuda lajang berumur kepala dua. Coba aja lihat galeri karyanya di instagram @joyowood. Eits…tenang aja, dia masih ngasih harga untuk sebuah karya mulai dari ratusan ribu rupiah kok, tergantung kerumitan ide dan pengerjaan.

Foto: tempat yang dijadiin bengkel di rumah Bondan Mardanni untuk mengolah Kayu Jati Belanda (dokumen pribadi)
Foto: Bengkel kayu di rumah Bondan Mardanni sebagai tempat untuk mengolah Kayu Jati Belanda (dokumen pribadi)
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
41

Beri Komentar dan Bagikan!

Leave a Reply