Dear Traveler, Ini 5 Event Keren di Banjarnegara yang Wajib Kamu Kunjungi!

0
683

Banjarnegara memiliki segudang event keren untuk dikunjungi dan diikuti. Rangkaian acaranya pun tak kalah dengan event-event dari kota-kota besar lainnya. Mungkin informasinya yang memang belum santer terdengar di telinga kamu. Wajar saja, jika kamu cek di google trend maka 10 teratas kata kunci yang paling popular tentang Banjarnegara adalah berita bencana.

Eitch, tapi Banjarnegara tidak seburuk dan seberbahaya karena berita bencana itu kok. Banyak tempat-tempat indah yang kamu bisa datangi dan acara-acara keren setiap tahun yang bisa kamu ikuti. Nah, berikut ini adalah 5 event keren di Banjarnegara yang wajib kamu kunjungi:

1DIENG CULTURE FESTIVAL

Foto: Panggung Jazz Atas Awan (jazzatasawan.com)

Event ini mungkin menjadi salah satu event yang sudah tidak asing terdengar di telinga kamu. Event ini sudah digelar ke-7 kalinya pada tahun ini, tentunya telah banyak menarik minat para traveler dalam negeri bahkan dari mancanegara. Event yang ditata dan dibungkus sangat apik ini menyuguhkan daya pikat dari sisi budaya dan pesona tanah Dieng.

Primadona rangkaian event ini adalah Jazz Atas Awan. Pagelaran musik jazz pada malam hari di area Candi Arjuna Dieng dengan suhu bisa mencapai 0°C karena terletak di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Dibumbui dengan pesta lampion, kondisi ini menciptakan suasana romantis yang tak bisa kamu dapatkan di kota. Puncak acaranya adalah Ruwat Rambut Gembel. Prosesi ruwatan pencukuran rambut anak-anak Dataran Tinggi Dieng yang mempunyai rambut gembel yang tentunya mempunyai daya pikat bagi para pecandu wisata budaya.

2GUMELEM ETHNIC CARNIVAL

Foto: Ujungan merupakan tradisi saling sabet kaki menggunakan rotan sebagai ritual mohon kepada Tuhan agar turun hujan (aanprihandaya.com)

Serupa tapi tak sama dengan Dieng Culture Festival. Event tahunan yang lekat dengan balutan budaya ini juga akan memikat hati para pecandu wisata budaya. Event ini akan mengajak kamu mengikuti gelaran tradisi seperti tradisi ujungan (berdoa meminta turun hujan) serta beberapa acara pendukung seperti pentas seni tradisi, pagelaran keroncong serayu, dan juga mengenal kerajinan lokal seperti batik tulis dan gerabah Klampok.

3KUDURAN BUDAYA – BENTANG ONDOL

Foto: Bentang ondol 1000 meter (budparbanjarnegara.com)

Satu lagi ni event berbalut budaya, yaitu pesta rakyatnya masyarakat Wanayasa, Banjarnegara. Event yang mengangkat budaya dan kreatifitas masyarakat kecamatan Wanayasa. Rangkaian acaranya lumayan banyak juga, mulai dari Prosesi Bedhul Singkong, Festival Tari dan Pacuan Kuda Lumping, Festival Lampion, sampai dengan puncak acaranya yaitu Bentang Ondol 1000 Meter.
Apa itu Ondol? Ondol adalah jajanan tradisional yang terbuat dari singkong yang digoreng berbentuk bulat kecil dan disajikan seperti sate. Nah, kamu bisa bayangin seberapa banyak Ondol yang di bentang sepanjang 1000 meter.

4CANDRADIMUKA OFF ROAD

E-pamflet Banjarnegara Off Road Candradimuka Explore 2016 (Candradimuka Jeep Auto Club Banjarnegara)

Gaes. Bagi kamu yang menyukai wisata adventure dengan menggunakan tunggangan besi bermesin, kamu harus merasakan ajang kompetisi off road berskala nasional ini. Off road ini biasanya dilakukan dengan rute berawal dari Dieng sampai ke Pusat Kota Banjarnegara, melalui jalur yang pasti menantang buat kamu.

5FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA

Foto: Parak Iwak di Festival Serayu Banjarnegara tahun 2015 (Bannyu Woong)

Event keren satu ini digelar setiap dua tahunan sekali. Festival Serayu menjadikan sungai serayu sebagai ikon pariwisata Banjarnegara. Kamu dapat mengikuti rangkaian acara yang terpisah dalam beberapa hari. Loh, berati acaranya nggak cuma sehari dua hari ya? Iyess, bahkan dilaksanakan selama seminggu. Karena dibawah atap Festival Serayu Banjarnegara digelar beberapa acara berbeda yaitu Pesta Parak Iwak (nangkap ikan bersama di Sungai Serayu), Serayu Expo, Parade Budaya, Banjarnegara Bersholawat, Lomba Fotografi, Konggres Sungai, dan Banjarnegara Banjir Dawet.

Jebul dari penjelasan singkat diatas saja paragrafnya sudah panjang. Padahal masih banyak event-event keren lainnya di Banjarnegara. Yang jelas kamu akan menyesal jika tidak dateng mengunjungi dan mengikuti acara-acara tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Beri Komentar dan Bagikan!

Leave a Reply